Dihadiri 1000 Jiwa, Bersih Deso Pasar Miring bersama GANJAR PRANOWO

Detik Time

- Redaktur

Selasa, 15 Agustus 2023 - 04:07 WIB

30147 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Deli Serdang – Sumut, Gebyar Seni Budaya 1Suro Bersih Deso Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang dimeriahkan oleh 1000 Jiwa wargane Jowo, pada Senin 14 Agustus 2023, sekira pukul 20.00 Wib s/d Selesai.

Gebyar Bersih Deso merupakan tradisi slametan yang identik dilakukan setiap pergantian tahun hijriyah yaitu Muharram. Muharram atau disebut bulan Suro merupakan awal bulan hijriyah.

Tujuan diadakan kegiatan Bersih Deso ini adalah sebagai penanda awal yang baik untuk 1 tahun kedepannya. Selain itu, acara ini menjadi kegiatan perkumpulan masyarakat sehingga terjalin kerukunan antar masyarakat.

Desa Pasar Miring, menggelar acara akbar Gebyar Bersih deso, dimana Acara dibuka oleh MC Mas Parianto dan Mba Nuni, lanjut Lembaga Kesenian bunga Tanjung studio 1 desa Sidoharjo 1 Pasar Miring yang menampilkan Tarian ‘Ondel-ondel’ dan Tarian ‘Gending Parit’, dan tak kalah seru dengan permainan Gamelan ‘Jaya Laras’ dari Ki Dalang Joko asal Simalungun, Wayang Orang ‘Sanggar Sinar Budoyo’ dari Kabupaten Sergai.

Baca Juga :  Genap 4 Tahun dan Genap 2 Bulan Tak Bisa Diungkap, Wartawan Akan Surati Presiden Joko Widodo dan Kapolri Meminta Pelaku dan Otak Pelaku Pembakaran Rumahnya Segera Ditangkap

Acara ini diperkasai oleh ‘Tim Sumut Rumah Kita’ berkolaborasi bersama oleh Kepala desa Pasar Miring Santoso dan tokoh masyarakat serta para tamu undangan termasuk dari Anggota PDI-P Sumut Ramses Simbolon, Camat Pagar Merbau H. Ibnu Hajar S.Pd, S.Sos, Relawan Ganjarian Spartan, Barisan Rambut Putih, Komite Nelayan dan Petani, Penggiat Seni Budaya Kab.Deli Serdang Indra Purba.

Rangkaian acara pun dimeriahkan oleh tarian tradisional ‘Jaran kepang’ (jaranan), Campursari, Tari-tarian dan Wayang Kulit yang dimainkan oleh Ki Dalang Sunarno dengan Lakon ‘Semar Bangun Khayangan’, dimana Antusiasme Ribuan masyarakat makin meningkat berduyun-duyun tumpah ruah di lokasi acara untuk melihatnya serta merasakan kemeriahan acara tersebut. Selain itu, Sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelaku UMKM Desa Pasar Miring juga turut ikut andil dalam memeriahkan acara tersebut.

Pada Malam hari menjadi malam acara puncak yang ditandai dengan pagelaran wayang orang ‘Sinar Budoyo’, Gamelan Laras Jaya yang kocak dan Musik Campursari serta Wayang kulit semalam suntuk. Acara dimulai sekitar pukul 20.00 Wib yang didalangi oleh ‘Ki Dalang Sunarno’ dan Grup Jaya Laras. Antusias Ribuan masyarakat yang hadir terhadap kegiatan acara ini terlihat jelas, dimana masyarakat berkumpul memenuhi lokasi acara guna menyaksikan cerita hingga selesai.

Baca Juga :  Karang Taruna Pancur Batu Minta Polisi Tangkap Pelaku dan Otak Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan di Pancur Batu

Dan hal yang paling dinanti, tampak saat Gubernur Jawa Tengah GANJAR PRANOWO menyapa para wargane serta Kepala Desa, melalui Video Conference (Vidcon) secara live. Dan Seketika suasana semakin marak dengan warga yang hadir tampak tumpah ruah hingga memadati pentas gamelan, sembari menyaksikan kehadiran Pak GANJAR PRANOWO di tengah-tengah Warga walau hanya melalui Video Conference (Vidcon) secara langsung sambil bincang-bincang yang cukup agak panjang durasinya sekitar 20 Menit, bersama Kades dan 1000 jiwa Wargane Jowo di lokasi.

Melalui kegiatan Bersih Deso’Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau ini, harapannya di tahun baru Islam agar selalu dilimpahi berkah dan diberikan perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari. ( Rizky Zulianda )

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Terkesan Tebang Pilih!!! : Pelaku Pelemparan Kaca Damtruk Ditangkap, Pelaku Pelemparan Kaca Mobil Wartawan di Pancur Batu 4 Tahun Dibiarkan Berkeliaran
Karang Taruna Pancur Batu Minta Polisi Tangkap Pelaku dan Otak Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan di Pancur Batu
Polisi Sudah Mengantongi Nopol Truck Yang Tabrak Lari
Diduga Korban Tabrak Lari, Truk Pasir Timpa Sepeda Motor
Genap 4 Tahun dan Genap 2 Bulan Tak Bisa Diungkap, Wartawan Akan Surati Presiden Joko Widodo dan Kapolri Meminta Pelaku dan Otak Pelaku Pembakaran Rumahnya Segera Ditangkap
Dugaan Skandal “Belanja Suara” Mengguncang Dapil 2 Deli Serdang
Bupati Deli Serdang : ASN Harus Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat
PKB Optimis Raih 5 Kursi di DPRD Kabupaten Deli Serdang

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:58 WIB

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:03 WIB

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Juli 2024 - 09:28 WIB

Sambut Hari Anak Nasional, Srikandi PLN Kolaborasi bersama TP-PKK Aceh Dalam Pemberdayaan Perempuan dan Anak

Rabu, 10 Juli 2024 - 08:51 WIB

Darlis Azis Pimpin PAKAT Periode 2024-2026

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:19 WIB

Safni SE, Kader Gerindra Kota Banda Aceh Siap Jadi Wakil Walikota

Senin, 8 Juli 2024 - 20:16 WIB

Kadin Aceh Dukung Harapan Guru Besar USK terkait PON Aceh

Senin, 8 Juli 2024 - 19:51 WIB

AKBP Ahmad Faisal Pasaribu Resmi Jabat Kapolres Pidie Jaya

Minggu, 7 Juli 2024 - 23:25 WIB

Bhayangkara Fest 2024 Membantu Pelaku UMKM Tingkatkan Penjualan

Berita Terbaru

BANDA ACEH

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:58 WIB

BANDA ACEH

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Jul 2024 - 12:03 WIB

DAERAH

Buruan di Serbu !! FUN BIKE “Hadiah Mobil Brio”

Kamis, 11 Jul 2024 - 10:43 WIB