Inspirasi dalam Menghadapi Kegagalan Ala Elora dan Tim Bisa

Detik Time

- Redaktur

Senin, 27 November 2023 - 19:56 WIB

30101 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mahasiswa berprestasi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU), Elora Giovanni Ompusunggu, telah menunjukkan keberhasilan melalui kiprahnya bersama tim yang dikenal sebagai “Tim Bisa”. Mereka berhasil meraih berbagai prestasi cemerlang di bidang kewirausahaan, inovasi, dan kompetisi akademik yang mengukuhkan posisi Elora sebagai sosok yang menginspirasi banyak orang.

Salah satu pencapaian besar Elora dan timnya adalah melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), di mana mereka menghasilkan produk unggulan bernama Sum-Up!, sebuah alas bedak berbahan ekstrak bunga kenanga. Selain bermanfaat untuk perawatan kulit, produk ini menonjolkan pendekatan ramah lingkungan, menjadi contoh nyata bagaimana kreativitas dapat menjawab tantangan keberlanjutan.

Komitmen Elora dan Tim Bisa juga terlihat dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA), World Science and Engineering Environment Competition (WSEEC), dan International Health Science and Invention Fair (IHSIF), di mana mereka meraih penghargaan membanggakan.

Meskipun perjalanan mereka tidak selalu lancar, Elora dan timnya terus menghadapi berbagai rintangan dan kegagalan. Momen yang paling berkesan adalah ketika mereka meraih juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Psyforia 12 HIMAPSI Universitas Trunojoyo Madura 2021. Keberhasilan ini menjadi pendorong semangat mereka dalam meraih prestasi lebih besar.

Dalam menghadapi tantangan, Elora menegaskan bahwa kunci utama adalah untuk terus mencoba.

Pada awalnya, Elora dan Tim Bisa juga mengakui bahwa sebagian mahasiswa sering kali merasa takut atau enggan untuk mencoba hal baru karena takut akan kegagalan. Mereka menyadari bahwa ada stigma atau ketakutan di kalangan rekan sejawat mereka terhadap potensi kegagalan. Namun, Elora dan timnya melihat ini sebagai peluang untuk memberikan inspirasi bagi mereka yang merasa terhalang oleh ketakutan ini.

Baca Juga :  Polisi Presisi dan Mitra Masyarakat Oleh: Dr. (Cand) H. Fachrul Razi, M.I.P, M.Si, MH

Mereka menegaskan bahwa kegagalan adalah bagian yang tak terpisahkan dari proses menuju kesuksesan. Pesan ini mereka sampaikan untuk merangsang semangat dan memberikan dorongan bagi mereka yang merasa enggan atau takut untuk mencoba hal baru. Elora menekankan bahwa tanpa mencoba, sulit untuk mengetahui apa yang dapat dicapai atau diperbaiki.

Tim Bisa juga menyadari bahwa bagi sebagian mahasiswa, keberhasilan dan kegagalan dianggap sebagai tolak ukur nilai diri. Oleh karena itu, mereka mengadvokasi pentingnya mengubah paradigma ini dan melihat kegagalan sebagai bagian yang normal dan bermanfaat dalam perjalanan menuju kesuksesan.

“Setiap kali terjadi kegagalan, akan ada pengalaman berharga yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan seseorang,”jelasnya.

Dengan menyadari dan mengatasi ketakutan atau keengganan untuk mencoba, Elora dan Tim Bisa berharap dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk tetap berani melangkah, mencoba, dan tidak takut menghadapi kegagalan. Keberhasilan mereka bukan hanya tentang pencapaian, tetapi juga tentang memberikan dorongan bagi mereka yang mungkin terhambat oleh ketakutan akan kegagalan. Semangat dan kisah sukses Elora dan Tim Bisa diharapkan dapat menjadi pendorong bagi generasi muda untuk mengubah pandangan mereka terhadap kegagalan, menjadikannya sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh.

Baca Juga :  Amiruddin S.H: Pemberdayaan untuk Petani, Sumber Kebangkitan Ekonomi Rakyat Aceh Barat

“Saya selalu menegaskan bahwa pentingnya sikap terbuka terhadap pembelajaran, semangat yang tak kenal surut, dan dedikasi serta usaha keras sebagai unsur-esensi dalam mencapai kesuksesan,”tuturnya.

Elora juga membagikan tips menghadapi kegagalan dan semangat untuk terus berjuang;

1.Jangan Takut Mencoba: Elora menekankan pentingnya terus mencoba meskipun awalnya belum menguasai sepenuhnya teknik atau hal yang diperlukan. Pesan ini mencerminkan pentingnya sikap terbuka untuk belajar dan mencoba meskipun kemungkinan mengalami kegagalan.

2.Jaga Semangat Tinggi: Meskipun mengalami beberapa kegagalan, Elora dan timnya tetap mempertahankan semangat yang tinggi. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya semangat dalam menghadapi rintangan. Menjaga semangat bisa menjadi kunci untuk tetap bergerak maju meskipun dihadapkan pada kegagalan.

3.Komitmen dan Kerja Keras:  Elora menegaskan bahwa keberhasilan memerlukan dedikasi kerja keras dan kesetiaan pada tujuan. Mereka gigih dan terus bekerja keras untuk mencapai sasaran mereka, menyoroti pentingnya konsistensi dan kesetiaan pada langkah-langkah menuju kesuksesan.

Elora dan Tim Bisa adalah teladan inspiratif bagi generasi muda Indonesia, membuktikan bahwa semangat dan komitmen yang kuat dapat mengatasi segala rintangan menuju kesuksesan.

 

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Polisi Presisi dan Mitra Masyarakat Oleh: Dr. (Cand) H. Fachrul Razi, M.I.P, M.Si, MH
Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV dan Yayasan Apel Green Aceh resmi menandatangani kesepakatan kerjasama untuk penegakan hukum
Amiruddin S.H: Pemberdayaan untuk Petani, Sumber Kebangkitan Ekonomi Rakyat Aceh Barat
Menguatkan langkah Kehidupan kita untuk menyambut setiap kejutan

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:58 WIB

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:03 WIB

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Juli 2024 - 09:28 WIB

Sambut Hari Anak Nasional, Srikandi PLN Kolaborasi bersama TP-PKK Aceh Dalam Pemberdayaan Perempuan dan Anak

Rabu, 10 Juli 2024 - 08:51 WIB

Darlis Azis Pimpin PAKAT Periode 2024-2026

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:19 WIB

Safni SE, Kader Gerindra Kota Banda Aceh Siap Jadi Wakil Walikota

Senin, 8 Juli 2024 - 20:16 WIB

Kadin Aceh Dukung Harapan Guru Besar USK terkait PON Aceh

Senin, 8 Juli 2024 - 19:51 WIB

AKBP Ahmad Faisal Pasaribu Resmi Jabat Kapolres Pidie Jaya

Minggu, 7 Juli 2024 - 23:25 WIB

Bhayangkara Fest 2024 Membantu Pelaku UMKM Tingkatkan Penjualan

Berita Terbaru

BANDA ACEH

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:58 WIB

BANDA ACEH

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Jul 2024 - 12:03 WIB

DAERAH

Buruan di Serbu !! FUN BIKE “Hadiah Mobil Brio”

Kamis, 11 Jul 2024 - 10:43 WIB