Jaksa Daring Kejati Sumut Hadirkan Topik Berbagi Pengalaman Lulus CPNS

Detik Time

- Redaktur

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 02:50 WIB

3053 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MEDAN-Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) kembali menghadirkan program unggulannya Jaksa Daring yang dilaksanakan secara live di akun media sosial IG @kejatisumut, Kamis (12/10/2023) menghadirkan topik tentang Tips dan Trik Lolos ASN (CPNS) Kejaksaan RI Tahun 2023.

Dengan dipandu Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan, SH,MH menghadirkan 3 narasumber ASN yang sudah mengalami bagaimana proses ujian masuk menjadi ASN di Kejaksaan. Ketiga narasumber tersebut adalah
Cindy Savitri Desano, SH (Calon Jaksa) saat ini bertugas sebagai Analis Penuntutan pada Bidang Pidsus Kejati Sumut, Dody Armando Simatupang sebagai Pengadministrasian Perkara pada Bidang Pidum Kejati Sumut dan Dame S Halawa, S.Kom selaku Pranata Komputer Pertama di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu, Yos menyampaikan bahwa Kejaksaan RI membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2023 sebanyak 7.846 formasi. Dimana, formasi yang dibuka oleh Kejaksaan RI yakni Ahli Pertama Jaksa sebanyak 2.000 formasi. Petugas Barang Bukti sebanyak 1.446 formasi dan Pengelola Penanganan Perkara 2.142 formasi dan Penjaga Tahanan 2.258 formasi.

Baca Juga :  Diduga Diserobot PT NL, Ahli Waris 13 Hektar Tanah Di Jalan Gaperta Dirikan Plank Kepemilikian

“Seluruh jabatan itu nantinya akan disebar di sejumlah Kejaksaan Tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Dan berdasarkan data terbaru diperoleh bahwa jumlah pelamar CPNS Kejaksaan 214.207 orang dan CPPPK 1.132 orang, jumlah ini sangat luar biasa peminatnya,” kata Yos A Tarigan.

Selanjutnya, Cindy Savitri Desano menceritakan bahwa sejak kuliah di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) cita-citanya adalah masuk menjadi PNS di Kejaksaan. Sehingga, persiapan untuk mengikuti ujian benar-benar direncanakan sejak awal.

“Jadi, sebelum pelaksanaan ujian CAT saya sudah mencoba menjawab contoh-contoh soal yang ada dan membuka-buka catatan serta buku waktu kuliah untuk mengulang beberapa pelajaran yang nantinya muncul dalam ujian. Akan tetapi, satu hari jelang ujian saya tidak lagi belajar. Saya berusaha menenangkan diri agar nantinya bisa menjawab soal-soal dengan tenang dan teliti. Alhamdulilah, saya berhasil lulus dan menjadi calon jaksa,” katanya.

Kemudian, Dody Armando Simatupang yang masuk lewat jalur lulusan SMA juga melakukan hal yang sama. Mencoba menjawab contoh-contoh soal masuk PNS atau ASN. Dan yang paling penting sebenarnya adalah harus update informasi dan melek teknologi, karena saat ini semua proses perekrutannya sudah serba digital.

Baca Juga :  Kombes Pol Dudung Adijono, Kabid Propam Polda Sumatera Utara Dimutasikan " Mulya Koto Yakin Beliau Akan Pecah Bintang

Sementara Dame S Halawa yang sudah lebih lama masuk PNS Kejaksaan, saat ini bertugas di Penkum Kejati Sumut lebih menekankan agar seluruh calon pelamar benar-benar mempersiapkan diri, mempersiapkan kelengkapan administrasi dan mempersiapkan mental.

“Karena pada hari H pelaksanaannya nanti, semua peserta yang sudah lulus administrasi akan mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) yang nilainya langsung dipublikasikan. Kalau hasilnya memenuhi syarat maka akan berhak untuk mengikuti tahapan berikutnya,” kata Dame.

Dalam perbincangan selama satu jam tersebut, Yos A Tarigan juga membacakan beberapa pertanyaan yang disampaikan masyarakat secara langsung dan dijawab oleh ketiga narasumber secara bergantian.

“Yang pasti, bagi pelamar untuk semua formasi harus benar-benar mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian. Jangan percaya dengan iming-iming lulus dari oknum yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.(Leodepari)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Apel Pagi Rutinkan Laporan Capaian Kinerja
Ajukan Banding, Putusan Terhadap Terdakwa Tumirin Tak Cerminkan Rasa Keadilan
GUNAKAN SURAT PALSU TIDAK TERBUKTI, TERDAKWA TUMIRIN HARUS DIBEBASKAN
Apresiasi, Listrik Coffee Buka Peluang Usaha Baru Bagi Pelaku Usaha di Medan
Tingkatkan Layanan TB-HIV, GF Country Team Kunjungi Lapas Medan
Revisi Undang-Undang Penyiaran Tak Hanya Membelenggu Kebebasan Pers, Tapi Sekaligus Mematikan Ruang Publik
PH Heran, Tumirin Jadi Terdakwa Pemalsuan Hanya Modal Foto Kopi
Terdakwa Tumirin Bantah Palsukan dan Gunakan Surat Palsu

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:58 WIB

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:03 WIB

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Juli 2024 - 09:28 WIB

Sambut Hari Anak Nasional, Srikandi PLN Kolaborasi bersama TP-PKK Aceh Dalam Pemberdayaan Perempuan dan Anak

Rabu, 10 Juli 2024 - 08:51 WIB

Darlis Azis Pimpin PAKAT Periode 2024-2026

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:19 WIB

Safni SE, Kader Gerindra Kota Banda Aceh Siap Jadi Wakil Walikota

Senin, 8 Juli 2024 - 20:16 WIB

Kadin Aceh Dukung Harapan Guru Besar USK terkait PON Aceh

Senin, 8 Juli 2024 - 19:51 WIB

AKBP Ahmad Faisal Pasaribu Resmi Jabat Kapolres Pidie Jaya

Minggu, 7 Juli 2024 - 23:25 WIB

Bhayangkara Fest 2024 Membantu Pelaku UMKM Tingkatkan Penjualan

Berita Terbaru

BANDA ACEH

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:58 WIB

BANDA ACEH

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Jul 2024 - 12:03 WIB

DAERAH

Buruan di Serbu !! FUN BIKE “Hadiah Mobil Brio”

Kamis, 11 Jul 2024 - 10:43 WIB