Kajari Gayo Lues Hentikan Perkara Penganiayaan Melalui Restorative Justice Yang Ke- 5 Ditahun 2023

Author

- Redaktur

Senin, 16 Oktober 2023 - 14:00 WIB

30102 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Blangkejeren – Kejari Gayo Lues Kembali Hentikan Perkara penganiayaan melalui Restorasi Justice (RJ).Pada Senin (16/10/ 2023) acara bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Gayo Lues Jl. Blangkejeren-Kuta Panjang No. 100, Blangkejeren, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM-Pidum), Dr. Fadil Zumhana yang diwakili oleh Plh. JAM-Pidum Dr. Asri Agung Putra, Direktur Oharda, Agnes Triani, S.H., M.H., Wakajati Aceh, Rudi Irmawan, S.H., M.H., Aspidum Kejati Aceh, Djamaluddin, S.H., M.H. secara daring menyetujui penghentian penuntutan perkara penganiayaan melalui upaya restorative justice yang diajukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H.
 
Adapun pelaku yang berinisial ABD, 40 tahun, laki-laki, Petani, Dusun Mude Uken, Kec.Blangkejeren, Kab. Gayo Lues, merupakan Tersangka dalam perkara penganiayaan yang dilakukannya pada hari Jum’at tanggal 11 Agustus 2023 sekira pukul 19:00 WIB di Desa Rerebe, Kec. Dabun Gelang, terhadap korban yaitu IBM, 42 tahun, laki-laki, Petani, Dusun Godang, Desa Kenyaran, Kec. Pantan Cuaca, Kab. Gayo Lues.
Kejadian berawal pada saat Tersangka berinisial ABD dalam perjalanan dari kebun yang berada di desa Rerebe hendak pulang ke rumahnya dengan mengendarai becak milikya, sesampainya di Jalan Lintas Rerebe – Badak Desa Rerebe Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues, Tersangka melihat 1 (satu) unit mobil Dump Truck yang terparkir di badan jalan sehingga membuat Tersangka tidak bisa lewat. Tersangka kemudian turun dari becak dan mencari sopir mobil tersebut supaya dipindahkan. Karena tidak menemukan sopir mobil tersebut, Tersangka yang marah langsung memukul mobil yang terparkir tersebut. Kemudian Korban IBM mengakui bahwa mobil yang terparkir tersebut adalah miliknya, mendengar hal tersebut Tersangka kemudian menampar korban dengan menggunakan tangan kiri sebanyak 3 (tiga) kali mengenai wajah sebelah kanan Korban lalu Tersangka memukul menggunakan tangan kanan sebanyak 1 (satu) kali yang mengenai mulut Korban hingga mengeluarkan darah. Tersangka kemudian menarik rambut kepala Korban menggunakan tangan kiri dari arah belakang dan tangan kanan Tersangka.
Akibat pukulan tersebut korban mengalami luka-luka yang berdasarkan Visum et Repertum Nomor: Peg.800/267/PKM/BKJ/VIII/2023 tertanggal 12 Agustus 2023 yang diperiksa dan ditandatangani oleh dr. Witono  dengan hasil pemeriksaan ditemukan pada bagian kepala terdapat luka robek, ukuran 0,5 cm x 0,2 cm posisi melintang di bibir mulut atas bagian dalam dan bengkak ukuran diameter 0,2 cm di bibir mulut bawah kiri yang disebabkan oleh benda keras dan tumpul. Atas perbuatan tersebut tersangka diduga telah melanggar Pasal 351 Ayat (1) KUHPidana.
Selain itu Kejari Gayo Lues selama Tahun 2023 telah melakukan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan Restorative Justice sebanyak 4 (empat) perkara. Perkara-perkara yang dilakukan penghentian penuntutan tersebut merupakan perkara tindak pidana penganiayaan dengan Tersangka berinisial RMD, yang kedua perkara dengan Tersangka berinisial AL, ketiga perkara dengan Tersangka berinisial RML, yang keempat perkara dengan Tersangka berinisial ASM, dan yang terakhir pada hari ini perkara dengan Tersangka berinisial ABD. Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H. menyampaikan dengan adanya penghentian penuntutan dengan keadilan Restoratif dapat mengembalikan keharmonisan masyarakat dan kedepannya tidak ( Ms).
 
Facebook Comments Box
Baca Juga :  Temukan Warga Tinggal di Rumah Tak Layak Huni, Anggota DPRK Hj. Salamah Minta Pemkab Gayo Lues Turun Tangan

Berita Terkait

Beragam Kalangan/Masyarakat Berharap H.M.Amru Kembali Menjadi Bupati Gayo Lues, dan Ini Respon H.M. Amru
Wujudkan Keakraban, Babinsa Koramil 06/Tripe Jaya Komsos Dengan Masyarakat
Kapolres Gayo Lues Bersama Forkopimda Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Ganja Sebanyak 222 Kg
SPBU Jawi–Jawi di Maros Diduga Lakukan Praktik Penjualan Solar Ilegal
Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 di Halaman Apel Mapolres Gayo Lues
Kapolres Gayo Lues Berikan Penghargaan Kepada Personel Berprestasi dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024
Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personel
Kodim 0113/Gayo Lues Komsos Dengan Aparat Pemerintah

Berita Terkait

Sabtu, 6 Juli 2024 - 16:00 WIB

Wujudkan Keakraban, Babinsa Koramil 06/Tripe Jaya Komsos Dengan Masyarakat

Selasa, 2 Juli 2024 - 03:32 WIB

Kapolres Gayo Lues Bersama Forkopimda Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Ganja Sebanyak 222 Kg

Senin, 1 Juli 2024 - 22:13 WIB

Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 di Halaman Apel Mapolres Gayo Lues

Senin, 1 Juli 2024 - 20:06 WIB

Kapolres Gayo Lues Berikan Penghargaan Kepada Personel Berprestasi dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 18:40 WIB

Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personel

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:31 WIB

Kodim 0113/Gayo Lues Komsos Dengan Aparat Pemerintah

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:06 WIB

Jalin Sinegritas, Anggota Polsek dan Personil Koramil 01/Terangun Gelar Ngopi Bareng

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:36 WIB

Terindikasi Kasus Korupsi, FKMP Laporkan Bupati Sambas Ke KPK RI

Berita Terbaru

BANDA ACEH

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:58 WIB

BANDA ACEH

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Jul 2024 - 12:03 WIB

DAERAH

Buruan di Serbu !! FUN BIKE “Hadiah Mobil Brio”

Kamis, 11 Jul 2024 - 10:43 WIB