Kapolres Simalungun Tingkatkan Wawasan Kebangsaan di SMP Swasta GKPS 1 Pamatang Raya, Bentuk Identitas Nasional

Detik Time

- Redaktur

Selasa, 22 Agustus 2023 - 23:40 WIB

30146 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SIMALUNGUN – Polres Simalungun melaksanakan program Quick Wins Presisi dengan fokus memantapkan pemeliharaan kamtibmas melalui peningkatan wawasan kebangsaan di SMP Swasta GKPS 1 Pamatang Raya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 21 Agustus 2023, dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama personel Polsek Raya dan Polres Simalungun hadir langsung dalam kegiatan ini. Mereka melakukan kegiatan bersama dengan siswa-siswi sekolah tersebut, meliputi kuliah umum, upacara, diskusi, dan seminar.

Dalam sambutanya Kapolres Simalungun menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan bagi para penerus bangsa, “Yang saya hormati, guru-guru SMP Swasta GKPS 1 Pamatang Raya, dan anak-anak muda yang kami banggakan, Saya, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., Kapolres Simalungun ingin memberikan sedikit sambutan tentang pentingnya wawasan kebangsaan.

Wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting sebagai pemahaman tentang identitas diri sebagai seorang warga negara. Mengerti bahwa paham ini bukan hanya soal mencintai bendera dan lagu kebangsaan, tetapi juga bagaimana kita memahami, menghargai, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta NKRI, “ujar Kapolres Simalungun.

Lebih lanjut AKBP Ronald menyampaikan tujuan wawasan kebangsaan bagi para peserta didik, ” Wawasan kebangsaan penting dalam membentuk identitas nasional, dimana setiap warga negara memiliki kesamaan pandangan terhadap Negara Republik Indonesia.

Baca Juga :  Simpang Tiga Bahapal Sinaksa Diberitakan Sarang Narkoba, Kasnob Polres Simalungun Turun Gunung Lakukan Penyelidikan

Dengan pemahaman yang baik tentang wawasan kebangsaan, masyarakat diharapkan memiliki kesadaran dan cinta yang tinggi terhadap tanah air, Wawasan kebangsaan merupakan pondasi dalam memperkuat persatuan dan kesatuan di antara warga negara yang memiliki latar belakang suku, agama, ras dan antar golongan yang berbeda-beda.

Dengan memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, setiap warga negara diharapkan mampu melindungi dan menjaga kedaulatan negara dari segala bentuk ancaman baik dari dalam maupun luar negeri, Wawasan kebangsaan juga berfungsi untuk membentuk sikap dan perilaku positif seperti toleransi, gotong royong, semangat kerja keras, kejujuran dan lainnya yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, “jelas Kapolres Simalungun.

Kapolres Simalungun dalam siaran persnya mengatakan kegiatan di SMP Swasta GKPS 1 Pamatang Raya menjadi Inspektur Upacara rutin merupakan pelaksanaan dalam program Quick Wins Presisi ini, Senin(21/8/2023), “Kami jajaran Polres Simalungun, berupaya semaksimal mungkin untuk membekali anak-anak muda kami dengan pemahaman dan pengetahuan yang luas tentang wawasan kebangsaan ini. Tidak hanya itu, kami juga berusaha mendampingi dan membimbing adik-adik untuk bisa mempraktikkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, penting juga bagi kami untuk menanamkan semangat cinta tanah air dan rasa toleransi yang tinggi di hati setiap pelajar. Sebab, di era global ini, tantangan bagi kebhinekaan kita semakin berat. Oleh karena itu, rasa toleransi yang tinggi sangat kita butuhkan untuk menyikapi perbedaan-perbedaan yang ada.

Baca Juga :  Bakti Kesehatan Donor Darah Keluarga Besar Polres Simalungun dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78

Tujuan utama dari semua ini adalah untuk menciptakan generasi muda yang berwawasan luas, cinta tanah air, dan menjadi penjaga kamtibmas yang handal, mari kita bersama-sama membangun negeri ini menjadi lebih baik dengan meningkatkan wawasan kebangsaan kita. Terima kasih telah memberikan kami kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan adik-adik semua, “ucap AKBP Ronald.

Indikator keberhasilan program ini antara lain terwujudnya peningkatan wawasan kebangsaan, nilai-nilai toleransi, dan cinta tanah air di kalangan pelajar. Hadirnya pejabat dan personel Polres Simalungun di tengah-tengah siswa dan guru SMP Swasta GKPS 1 Pamatang Raya telah memberikan semangat tersendiri dalam meningkatkan wawasan tersebut.

Sebagai hasilnya, pihak sekolah dan para peserta didik merasa senang dan bangga. Mereka siap mendukung Polres Simalungun dalam melaksanakan pemilihan umum yang damai dan kondusif. Selain itu, siswa juga diajak untuk menjaga diri, keluarga, dan anggota keluarga mereka dari penyalahgunaan narkoba serta turut serta merawat keamanan dan ketertiban dalam bermasyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi katalis dalam memantapkan pemeliharaan kamtibmas serta menciptakan generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan yang luas dan cinta tanah air.(joe)

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kanit Tipikor Polres Simalungun Berikan Sosialisasi Penguatan Pengawasan Dana Desa Tahun 2024
Tampang Dua Pelaku Curas yang Berhasil Ditangkap Polres Simalungun
Kapolres Simalungun Pimpin Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-78, Berlangsung Khidmat
Polres Simalungun Gelar Pembagian Bantuan Sosial Serentak dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78, 800 Paket Dibagikan
Polres Simalungun dan Kodim 0207/Simalungun Gelar Olah Raga Bersama Peringati Hari Bhayangkara Ke-78
Polres Simalungun Lakukan Home Visit kepada Penyandang Disabilitas dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78
Bakti Kesehatan Donor Darah Keluarga Besar Polres Simalungun dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78
Jatanras Polres Simalungun Ungkap Fakta Baru, Korban dan Pelaku Penembakan di Tiga Runggu Ternyata Sahabat Baik

Berita Terkait

Sabtu, 6 Juli 2024 - 16:00 WIB

Wujudkan Keakraban, Babinsa Koramil 06/Tripe Jaya Komsos Dengan Masyarakat

Selasa, 2 Juli 2024 - 03:32 WIB

Kapolres Gayo Lues Bersama Forkopimda Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Ganja Sebanyak 222 Kg

Senin, 1 Juli 2024 - 22:13 WIB

Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 di Halaman Apel Mapolres Gayo Lues

Senin, 1 Juli 2024 - 20:06 WIB

Kapolres Gayo Lues Berikan Penghargaan Kepada Personel Berprestasi dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 18:40 WIB

Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personel

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:31 WIB

Kodim 0113/Gayo Lues Komsos Dengan Aparat Pemerintah

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:06 WIB

Jalin Sinegritas, Anggota Polsek dan Personil Koramil 01/Terangun Gelar Ngopi Bareng

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:36 WIB

Terindikasi Kasus Korupsi, FKMP Laporkan Bupati Sambas Ke KPK RI

Berita Terbaru

BANDA ACEH

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:58 WIB

BANDA ACEH

PT PEMA DAN PEMKOT LANGSA LANJUTI KERJA SAMA PEMANFAATAN KARBON

Kamis, 11 Jul 2024 - 12:03 WIB

DAERAH

Buruan di Serbu !! FUN BIKE “Hadiah Mobil Brio”

Kamis, 11 Jul 2024 - 10:43 WIB